TOYOTA RUSH MOGOK CAKKADIR

Aki tekor, apakah aki bermasalah?

Diposting pada

CAKKADIR.COM – Ketika akan memulai beraktifitas ternyata mobil tidak bisa start karena aki kekurangan daya. Pasti sebel kan sob?. Terus apa saja yang harus diperhatikan agar kondisi kelistrikan selalu sehat. Simak ulasan berikut ini.

  1. Cek kepala aki (kutub posistif dan negatif) apakah sudah terpasang sempurna, karena baut yang tidak terikat kencang juga berpengaruh pada penyaluran daya.
  2. Cek alternator, apakah dalam kondisi yang prima, pada umumnya alternator jarang sekali mengalami kerusakan.
    • Pengisian tidak maksimal akibat alternator sudah lemah.
    • Overcharge, IC regulator yang berfungsi memutus arus pengisian ketika sudah penuh sudah rusak akan menyebabkan aki menjadi panas dan elemen dalam aki rusak.
  3. Pemakaian accessories tambahan seperti klakson dan upgrade lampu dengan daya lebih besar.
  4. Upgrade audio system tanpa diimbangi peningkatan daya aki dan alternator juga akan memperpendek umur aki.
  5. Tidak pernah isi air aki sehingga level air di bawah lower level, kekurangan cairan aki akan menyebabkan elemen aki rusak.
  6. Kebiasaan saat turun dari mobil lupa perhatikan apakah lampu sudah mati. Ini kerap CKD temui di parkiran, fog lamp atau bahkan headlamp dibiarkan menyala.
  7. Umur aki umumnya bisa bertahan sampai dengan 1,5 tahun. Ada baiknya aki diberi marker atau penanda tanggal pembeliannya agar bisa terpantau kapan waktunya ganti aki.
  8. Apabila sobat masih awam dengan perawatan aki, ada baiknya untuk check up kondisi aki di Beres atau bengkel langganan yang sudah dipercaya.

Semoga tips nya berguna ya sob.